Pages

Selasa, 03 Mei 2011

Awas, 'Sulap' Linux Rusak CD-ROM

detikcom - Jakarta, Mandrake, distribusi Linux asal perusahaan software Mandrakesoft, Prancis, memang menggunakan nama dari pesulap legendaris Mandrake The Magician. Sayang, kali ini sulapannya berbuah malang bagi pemilik komputer dengan CD-ROM LG.

Diberitakan di situsnya, eror itu terjadi saat instalasi sitem Mandrake 9.2. Instalasi Linux akan merusak CD-ROM berbasis teknologi LG.

Ketika instalasi dilakukan, muncul pesan yang berbunyi "unable to install the base system" dilanjutkan dengan kematian CD-ROM secara fisik. Dengan kata lain: rusak!

LG Electronics, menurut Mandrakesoft, mengakui bahwa ODD (optical disk drive) buatan mereka tidak mendukung Linux dan belum pernah diuji dengan Linux. Mandrakesoft membuat daftar CD-ROM LG apa saja yang bisa dan tidak bisa menggunakan Mandrake 9.2.

Sampai saat ini, 'pembunuhan' CD-ROM LG oleh Mandrake 9.2 adalah satu-satunya kesalahan dalam instalasi 9.2 yang tidak bisa diperbaiki oleh Mandrakesoft. Tercatat 3 (tiga) kesalahan saat instalasi dan 9 (sembilan) kesalahan saat penggunaan Mandrake 9.2 yang telah teridentifikasi.

Seperti terlihat dalam situsnya, Mandrake menyediakan solusi untuk masalah-masalah lain, kecuali masalah ini. "Masalah ini belum bisa diperbaiki, dan masih dalam penyelidikan. Kerusakan terjadi ketika instalasi jaringan. Tolong jangan memasang Mandrake di sistem dengan CD-ROM LG," jelas pernyataan di situs itu.

0 komentar:

Posting Komentar