Pages

Selasa, 03 Mei 2011

Ada Berapa Pengguna Linux di Indonesia

detikcom - Jakarta, Jumlah pengguna linux Indonesia, yang terdaftar di situs penghitung dunia, adalah 661 orang. Sama halnya dengan penyebaran komputer yang tidak merata, pengguna Linux terkonsentrasi di DKI dan Jawa Barat.

Itu adalah statistik yang dihadirkan Situs Penghitung Linux Dunia. Menurut situs tersebut, Rabu (19/11/03), Indonesia duduk di rangking ke 135 dalam urutan pengguna Linux di dunia.

Ranking tersebut dihitung berdasarkan densitas (perbandingan jumlah pengguna Linux dengan jumlah penduduk total). Indonesia memiliki densitas 3,16 pengguna Linux per juta populasi bangsa Indonesia.

Paling banyak, pengguna Linux di Indonesia, berada di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Sebanyak 235 pengguna mengaku berdomisili di Jakarta dan 146 di Jawa Barat.

Di posisi ketiga Jawa Timur memiliki 84 pengguna. Sedangkan, di daerah lain seperti Bali, Banten, Jogja dan Jawa Tengah angka pengguna berkisar pada 20-an.

Ranking di Kancah Internasional
Di atas Indonesia ada Thailand yang penduduknya lebih sedikit. Karena jumlah populasi yang sedikit itu, dengan hanya 224 orang pengguna Linux terdaftar Thailand dapat menempati posisi yang lebih baik.

Karena perhitungan ranking berdasarkan densitas, tak heran kalau posisi puncak diduduki oleh Kepulauan Faroe. Kepulauan berpenduduk 46.339 orang itu memiliki 50 pengguna Linux terdaftar.

Total pengguna Linux, dari seluruh dunia, yang telah mendaftar pada situs ini adalah 135.545. Pengelola situs counter.li memperkirakan jumlah itu hanya 0,2 persen dari seluruh pengguna Linux di dunia.

Dari kuantitas, pengguna Linux terbanyak masih dari Negeri Paman Sama (27186 pengguna terdaftar). Disusul oleh negeri asalnya SuSE, Jerman dengan 11156.

Beberapa angka yang menarik ditunjukkan oleh rising star teknologi dunia. India, tempat berdirinya pusat teknologi tinggi Bangalore, memiliki 2819 pengguna. Sedang di Cina tercatat 1063 pengguna.

Karena situs counter.li.org hanya merekam pengguna Linux yang mendaftarkan diri secara sukarela, maka angka sesungguhnya masih belum diketahui. Namun, kalau anda merasa diri sebagai pengguna Linux, tidak ada salahnya mendaftar di situs tersebut.

Sumber : detik.com
Link : http://www.detikinet.com/net/2003/11/19/20031119-152102.shtml

0 komentar:

Posting Komentar