Pages

Minggu, 06 Maret 2011

CSMA/CD


CSMA/CD

Masih ingatkah Anda bahwa di dalam jaringan ethernet, kabel yang sama digunakan secara bersama-sama oleh semua komputer yamg terhubung dalam sebuah jaringan ? Anda pasti mengira bahwa semua komputer bisa secara serentak dalam waktu yang benar-benar brsamaan mengirimkan sinyal data. Tidak, Anda salah jika berfikir demikian. Apabila terdapat dua komputer yang mengirimkan data pada saat bersamaan, justru data tersebut akan rusak dan tidak bisa digunakan lagi !..

Jaringan ethernet bekerja dengan cara yang dinamakan sebagai CSMA/CD atau “Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection”. Cara kerjanya seperti berikut :
1. Komputer akan mengecek apakah ada yang menggunakan kabel di jaringan (carrier sense).
2. Apabila ada, maka komputer akan menunggu sampai tidak ada lagi komputer yang menggunakan kabel dijaringan.
3. Ketika sudah tidak ada yang menggunakan kabel di jaringan, komputer segera akan mengirimkan datanya melalui kabel jaringan.
4. Apabila pada saat yang bersamaan, komputer lain ternyata juga mengirimkan data, maka akan terjadi bentrokan yang mengakibatkan data dari kedua komputer tersebut menjadi rusak/hancur. Kondisi inilah yang dinamakan sebagai “Collision”
5. Apabila ternyata collision, maka komputer akan menunggu dalam jangka waktu secara acak dan mencoba mengirimkan datanya lagi sampai berhasil.

Jadi kesimpulannya adalah pada suatu saat, hanya satu komputer yang mengirimkan data dan komputer yang lain menunggu. Kejadian ini yang membuat semakin banyak komputer di dalam jaringan hub, secara otomatis akan semakin membuat jaringan menjadi tidak efisien dan lambat. CSMA/CD bekerja secara half duplex, artinta hanya satu alat yang bisa “berbicara”pada satu waktu.

Half duplex bisa Anda analogikan seperti HT, dimana Anda hanya bisa berbicara atau medengar. Anda tidak bisa sekaligus berbicara dan mendengar pada waktu yang bersamaan. Telepon bekerja secara full duplex, karena Anda bisa mendengar dan berbicara pada waktu yang bersamaaan (contohnya waktu ibu-ibu lagi ngegosip seru, tidak ada yang mau mengalah dalam berbicara).

0 komentar:

Posting Komentar