Pages

Minggu, 06 Maret 2011

Enkapsulasi dan Dekapsulasi

ENKAPSULASI DAN DEKAPSULASI

Ketika komputer A dengan alamat IP 10.10.1.1 inin mengirimkan data ke komputer B dengan alamat IP 10.10.1.2, apa yang sebenarnya terjadi? Dta tidak bisa begitu saja langsung dikirimkan karena dibutuhkan beberapa informasi sebelum data tersebut bisa di sampaikan ke alamat tujuan dengan selamat.

Dalam istilah teknis, dikatakan bahwa data akan di enkapsulasi di komputer sumber dan setelah sampai di komputer tujuan, data akan di dekapsulasi kembali oleh komputer tujuan. Masih membingungkan? Pertama mendengar istilah ini, saya juga selalu pusing tujuh keliling dengan apa yang dimaksudkan dengan kedua istilah ini.

Proses enkapsulasi dan dekapsulasi sangat mirip dengan proses mengirimkan surat. Ketika Anda menulis surat, apa yang Anda tulis di kertas adalah apa yang ingin Anda sampaikan. Namun apakah kertas tersebut bisa terbang dan sampai ke tujuan ? Tentu tidak ! Anda harus memasukkan kertas tersebut ke dalam amplop (tahap 1), kemudian Anda lem amplop tersebut (tahap 2), setelah itu barulah Anda bisa menuliskan alamat tujuan ke amplop tersebut (tahap 3). Setelah semua proses tersebut selesai, Anda baru bisa memasukkan surat ke kotak pos.

Apa yang barusan Anda lakukan ini (tahap 1 sampai dengan tahap 3) dinamakan sebagai enkapsulasi atau proses membungkus data. Anda menambahkan berbagai informasi tambahan yang tidak dibutuhkan oleh penerima namun dibutuhkan oleh pak pos (media fisik) untuk bisa mengirimkan data ke tujuan.

Penerima surat Anda, sekali lagi tidak membutuhkan amplop, tidak membutuhkan tulisan alamat di amplop dan tidak membutuhkan lem yang telah Anda gunakan. Penerima hanya membutuhkan isi surat yang Anda tulis.

Untuk itu, penerima akan membuka pembungkus surat, mengeluarkan isi surat untuk dibaca. Proses inilah yang dinamakan sebagai dekapsulasi. Dekapsulasi akan membuang data tambahan yang telah diberikan oleh pengirim, karena memang sudah tidak dibutuhkan.

Akibat dari enkapsulasi dan dekapsulasi ini adalah, Anda akan melihat banyak sekali data acak ketika melakukan sniffing di jaringan. Data acak ini adalah header atau informasi tambahan yang diiikutsertakan ke dalam data yang sebenarnya agar bisa disampaikan ke komputer tujuan oleh media fisik.

0 komentar:

Posting Komentar