Pages

Jumat, 29 April 2011

Pindah ke Linux yuk!

Sudah saatnya anda berpindah ke Linux! Alasannya cukup jelas. Linux tangguh dan murah. Tetapi tentunya tidak begitu saja mengubah kebiasaan yang sudah mengakar dan bahkan turun temurun dari para pendahulu dimana kita selalu disodorkan dengan perangkat lunak berbasis Windows

Saya setuju sekali jika Microsoft saat ini terbilang merupakan perusahaan terbaik yang dapat membuat Sistem Operasi yang mudah digunakan (user friendly) namun sangat disayangkan ternyata ada juga perangkat lunak yang lain yang dapat membuat anda jatuh cinta kepadanya.

Perangkat Keras (Hardware)
Saya berbicara mengenai Linux, sebuah Sistem Operasi yang bertunas dari Sistem Operasi digjaya nan sakti untuk pengoperasian server. Sekarang, tersedia untuk anda para pengguna rumahan dan kantor untuk pemakaian sehari-hari dengan komputer yang notabene bukan server besar tetapi sebuah PC! Ya, bahkan sebuah PC setingkat Pentium 3-pun (komputer anda dirumah mungkin sudah Pentium 4) dapat digunakan untuk menjalankan Linux (Baca bagian Catatan). Bagi anda yang menggunakan prosesor non-Intel jangan berkecil hati, untuk penggunaan rumahan atau kantor, Linux dapat dijalankan pada prosesor jenis AMD, Cyrix, bahkan Crusoe. Hal yang sama berlaku juga untuk para pengguna notebook atau laptop (http://www.linux-laptop.net).

Perangkat Lunak (Software)
Tetapi tunggu dulu!, seperti yang dikemukakan sebelumnya. Tidak mudah mengubah kebiasaan yang sudah mengakar. Tentunya, anda tidak akan menemukan program seperti Word, Excel, Power Point, Photoshop dan lain sebagainya di Linux karena program tersebut memang dibuat untuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows (9x, Me, XP, NT, 2000, dan 2003). Tetapi jangan kuatir, para hacker sedunia tidak tinggal diam karena mereka juga mempunyai kebutuhan yang sama dengan anda. Para hacker tersebut berkolaborasi membuat program pengganti sehingga mereka dapat menikmati komputer seperti anda.

Berikut ini sebagian daftar program untuk anda yang tersedia di Linux.

Pengolah Kata
[Windows] Word
[Linux] Oowriter (dari OpenOffice), StarWriter (dari Star Office), AbiWord, Textmaker.

Pengolah Angka (Spread Sheet)
[Windows] Excel
[Linux] Oocalc (dari OpenOffice), StarCalc (dari Star Office), Gnumeric.

Presentasi
[Windows] PowerPoint
[Linux] Ooimpress (dari OpenOffice), StarImpress (dari Star Office).

Database
[Windows] Access, Oracle
[Linux] MySQL, Oracle, Postgressql.

Email Client
[Windows] Outlook, Outlook Express, Netscape.
[Linux] Kmail, Evolution, Netscape, Mozilla.

Browser
[Windows] Internet Explorer, Netscape, Mozilla
[Linux] Konqueror, Netscape, Mozilla, Opera.

FTP Client
[Windows] WS FTP, Cute FTP
[Linux] gFTP, wget, ftp

Antivirus
[Windows] Mcafee
[Linux] Linux tidak memerlukan antivirus karena arsitektur yang dimiliki Linux berbeda dengan Windows sehingga virus Windows yang ada tidak dapat menyerang Linux. Meskipun demikian Linux dapat menggunakan antivirus untuk melindungi jaringan yang berbasis Windows

PDF reader/writer
[Windows] PDF Acrobat reader/Writer
[Linux] tidak diperlukan program khusus seperti Windows, beberapa program seperti OpenOffice atau StarOffice telah memberikan fasilitas ini dalam programnya.

CD Recorder
[Windows] Nero, Easy CD Creator
[Linux] Xcdroast, Eroaster

Image Viewer
[Windows] ACDSee
[Linux] gThumb, gPhoto

Image Editor
[Windows] Photoshop
[Linux] GIMP

Zip (archive utility)
[Windows] Winzip
[Linux] Ark, Tar, gzip, bzip2

MP3 Player
[Windows] WinAmp
[Linux] WinAmp, XMMS

VCD Player
[Windows] Xing Mpeg
[Linux] Xine, Mplayer

File Sharing
[Windows] SMB
[Linux] Samba Server atau Client

Tentunya masih banyak program Linux lainnya yang dapat membantu produktivitas anda. Jika masih kurang, anda dapat mencarinya lewat google dan anda akan menemukan banyak sekali program yang tersedia. Jangan takut untuk mencoba! Linux akan memberikan nuansa baru bagi para calon mantan pengguna Windows seperti anda.

Catatan: Linux dapat saja digunakan dari mesin sekelas server sampai komputer butut (seri 486). Tentunya pemakaian untuk kelas 486 dikhususkan bagi pengguna tingkat mahir. Biasanya, pada administrator jaringan menggunakan komputer bututnya untuk router (sejenis program yang bertugas mengatur lalu lintas data jaringan) dan firewall (program yang digunakan untuk melindungi jaringan internal anda dari serangan jaringan luar)

David Sudjiman
davidsudjiman (at) davidsudjiman (dot) info

Versi terbaru dokumen ini tersedia di http://www.davidsudjiman.info/writings/pindah_ke_linux_yuk.html

Hak cipta (C) 2003 David Sudjiman.
Ijin diberikan untuk menyebarluaskan dan/atau memodifikasi dokumen ini di bawah ketentuan-ketentuan dari GNU General Public License, versi 1.2 atau versi terbaru seperti yang diterbitkan oleh Free Software Foundation.

0 komentar:

Posting Komentar